Find Your Purpose?

Hello Nakama!!

Kali ini grup paling gamang di Nakama Academy batch 3 mau cerita nih tentang "find your purpose". Bisa dibilang kami ini punya tujuan yang beda-beda sih, namun tetap satu jua. hehehehe. Anyway, ini nih jawaban dari member Komodo.

1. Kasih Susiana
Kasih Susiana
Bagi gua ketika mendengar kalimat itu, sama aja seperti mencari “arah” atau “tujuan” gua ( ha ha ha). ketika berbicarakan “arah”, otak gua juga tersentil dengan pertanyaan bagaimana menuju “arah” itu? dan sebenarnya apa dasar dari “arah” atau tujuan nya itu lah yang paling penting buat gua.

“Arah” berbicara dibanyak bidang kehidupan, diantaranya ada “arah” hidup, “arah” percintaan (sensitif issue ha ha ha), “arah” karir, “arah” buat suatu tempat, dan “arah” apa pun itu namanya, segala objek pasti selalu menjadi “arah” yang akan di capai oleh subjek nya.

Kalau ditanya mengenai apa “arah” gua, gua akan lebih menyebutkan “arah” gua untuk tempat kerja gua. Kenapa pertanyaan ini ? karena lebih menguras otak ( ha ha ha, kecenderungan orang lebih mudah memikirkan arah yang bersifat pribadi dibanding yang buat kontribusi keluar).

Secara pribadi, “arah” gua buat tempat kerja yang sekarang (baca: Tokopedia) adalah untuk bisa membawa Tokopedia lebih baik lagi dari sisi finance nya. mengapa dari sisi finance? karena suatu bisnis hanya bisa running dari kondisi keuangan yang baik dan mendukung proses kegiatan operasional di Perusahaan tersebut. Dasar lain nya adalah gua bekerja sebagai Finance nya Tokopedia (ha ha ha, kembali ke basic skill).  Tujuan atau arah yang ingin dicapai adalah bagaimana Tokopedia bisa lebih memaksimalkan pengeluaran yang perlu di keluarkan setiap saat nya. Pengeluaran tidak bisa di hindari tapi bisa kita maksimalkan dengan benefit ekonomis yang akan kita dapatkan kedepan nya.

2. Andri Dwi Utomo
Andri Dwi Utomo
Di Tokopedia tujuan gw itu berkarir dan ngembangin diri gw. Terlalu klasik ya alesan gw. Hehehehe. Tapi itu jujur karena gw ngerasa gw butuh banget "break my limit". Gw harus berkembang, seperti halnya teori darwin. (Walaupun gw ga setuju kalau nenek moyang gw itu seorang monyet. Masa iya gw yang tampan ini, dahulunya seorang monyet? Hahahaa)

Dan kenapa Tokopedia, karena Gw yakin banget kalau suatu saat Tokopedia itu bukan cuma Marketplace di Indonesia, tapi bakal punya core bussiness lain yang lebih besar. Yaa liat aja perjalanan Tokopedia yang "from zero to hero". Yap "hero" untuk semua orang indonesia yang ingin lebih baik lagi dengan internet, khususnya dengan e-commerce. Gw jg mau jadi bagian di Tokopedia sebagai tim yang berkembang dan berjuang bareng untuk menjadikan Tokopedia menjadi lebih besar lagi. That will be great!!

3. Ebenhaezer Wiramarta
Ebenhaezer Wiramarta

Menurut saya sih “Find Your Purpose” berbicara mengenai tujuan atau objektif yang ingin saya capai dengan bekerja di Tokopedia. Ini berarti Tokopedia memberikan keleluasan bagi masing-masing pribadi untuk mengembangkan talenta dalam bidang yang diinginkan. Namun bila kita berbicara mengenai tujuan, cakupannya sangat luas, baik mengenai hard skill di bidang kita masing-masing hingga bagaimana kehidupan saya di masa yang akan datang.

Tapi kita bahas yang pasti-pasti aja deh (soalnya saya ngga bisa meramal masa depan kan :P) dan salah satu yang paling kelihatan hasilnya adalah skill kita. Sebagai software engineer, saya memang berkutat di dunia pemrograman dan saya tahu sedikit banyak bahwa yang dikerjakan para software engineer di Tokopedia bukanlah hal yang biasa-biasa lagi. Karena itu, objektif saya yang pertama adalah bisa berkembang dan belajar banyak di Tokopedia. Namun tidak berhenti sampai di situ, saya juga berharap bisa segera berkontribusi lebih dan turut mengembangkan Tokopedia dengan kemampuan yang bisa saya tawarkan, terutama dalam bidang teknologi informasi.

4. Fathur Rizki Saragih
Fathur Rizki Saragih

Setiap orang mestinya memiliki tujuan dalam menjalani sesuatu. Kegiatan apapun yang sedang dilakukannya, pastinya dia memiliki tujuan khusus yang terbesit di benaknya, baik itu kuliah, kerja, dan lain-lain. Contohnya saja, dalam sebuah fakultas yang sama (ex: Ilmu Komputer)  --- yang bukan anak IT, punten yee, maap maap kate. Di sebuah Universitas, biasanya memiliki puluhan sampai ratusan mahasiswa. Beberapa dari mereka ada yang ingin menjadi seorang Programmer, atau seorang Web Designer, atau seorang Network Engineer, dan lain-lain… bahkan…. ada beberapa yang melenceng dari jurusannya (abaikan).

Oke,, back to topic. “Find your purpose”. Ilustrasi diatas kurang lebih menggambarkan “Find Your Purpose” di Tokopedia. Tokomodo percaya,,,, Karir punya peran yang sangat besar dalam kehidupaan, eaak. Oleh sebab itu, perlu persiapan dan perencanaan sejak dini untuk menempah karir demi kehidupan yang lebih baik di masa depan. Sama halnya setiap Newkama dalam meniti karir di Tokopedia. Peserta Nakama Academy kali ini diikuti oleh sekitar 30 orang yang berasal dari divisi yang berbeda-beda, dan tujuan yang berbeda-beda. Melalui program Nakama Academy, Tokopedia memberikan kesempatan kepada setiap Nakama untuk menyampaikan ide-ide cemerlangnya di Tokopedia dalam mewujudukan visi dan misinya dalam “Membangun Indonesia Lebih Baik Melalui Internet”. Setiap Nakama akan diberikan kebebasan dalam menciptakan ide-ide baru, sebab dalam metode pengembangannya, Tokopedia menggunakan sistem scrum, dimana setiap Nakama akan dibagi-bagi menjadi team kecil yang terus berkomunikasi dalam menciptakan perubahaan yang lebih baik. Tokopedia mendukung ide-ide dari setiap Nakama bahkan bisa mempresentasikan ide tersebut di seluruh Nakama. Bahkan bisa saja ide tersebut manjadi ekosistem baru dibawah naungan tokopedia. Tidak hanya sampai disitu, setiap kerja keras dan keberhasilan Nakama akan diapresiasi oleh Tokopedia melalui “Nakama Awards” yang akan diselenggarakan 2 tahun sekali.

Bagaimana, pembaca tertarik bukan??? Kami percaya setiap orang memiliki potensi luar biasa di dalam dirinya. Mari realisasikan potensi kalian bersama kami di https://www.tokopedia.com/careers

5. Nada Fathia Mutiara

Nada Fathia Mutiara
Menurut gue Find Your Purpose adalah tentang tujuan hidup. Semakin kita dewasa, pasti kepikiran dong tentang tujuan hidup lo sebenarnya apa sih? Begitu pun gue yang baru kepikiran hal itu setelah selesai kuliah ha ha. Buat gue, hidup itu singkat dan harus dimanfaatkan dengan banyak berinvestasi untuk di hari akhir nanti. Salah satu investasi yang keuntungannya unlimited adalah memanfaatkan ilmu yang gue punya supaya berguna untuk orang banyak.

Terus, apa hubungannya dengan Tokopedia? Gue terkesan dengan visi Tokopedia yang mau mebangun Indonesia lebih baik lewat internet. Indonesia loh, ga cuma untuk kepentingan pribadi aja. Kesempatan untuk bergabung dengan Tokopedia sebagai Quality Assurance pun akhirnya datang dan inilah saatnya untuk berinventasi dengan cara memanfaatkan ilmu yang gue punya untuk menjadikan banyak orang (Indonesia) lebih baik lagi. :)

6.Aldrin Ferdian

Aldrin Ferdian
Hmm, Find Your Purpose menurut gua sih kaya ketika lo masih sma terus lo mau jadi kaya gimana atau lebih biasa nyebutnya nyari jati diri. Sebenernya tujuan hidup gua itu simpel, hidup bahagia mati masuk surga ^^ tapi buat dapetin itu ga segampang ngomongnya sih.

Dulunya pas jaman gua kuliah gua ga kepikiran sama sekali buat jadi designer (dalam hal ini gua user interface designer), karena gua buta akan hal-hal itu. Gua banyak belajar pas jaman kuliah itu ke bagian pemrogramannya dan alhamdulillah lulus dengan nilai pas-pasan bahkan kurang. Tapi ketika gua masuk di dunia kerja, gua dapet training pemrograman sekaligus mendesainnya juga. Setelah selesai training gua ditunjuk jadi desainer, baru 2 bulan belajar dan udah langsung disuruh jadi desainer. Alasannya atasan gua nunjuk gua simpel, karena lo punya sense-of-design yg bagus, ok gua awalnya takut dan ga percaya karena saat itu ga punya skill yg mumpuni. Kata dia lagi kalo skill itu bisa dibangun dan lo udah punya sense-nya jadi sini gua bantu. Ok gua percaya dan disinilah gua sekarang, dikantor tokopedia dibagian UI Designer. Mengungguli saingan gua yang mungkin lebih banyak belajar dan tau lebih banyak dari gua, tapi ya itu sekali lagi mungkin lo ga bakal tau tujuan hidup lo itu apa kalo lo ga berani nyoba dan terus berusaha. Dan yang gua tau gua enjoy ngerjain kerjaan gua sekarang, karena kalo lo enjoy dan menjadikan pekerjaan lo itu hobi maka lo seumur hidup akan menjalankan hobi lo bukan "terpaksa" kerja untuk memenuhi kebutuhan lo.

Terakhir, jangan pernah takut salah karena mungkin dulu orang tua lo salah pas bikin lo hehehe~ jadi enjoy aja, selama abis salah terus langsung diperbaikin jadi lebih baik itu gapapa kok.

Anonymous

Kami adalah tim Komodo di Nakama Academy Batch 3.

No comments:

Post a Comment